by

Anggur Ini Positif Formalin & Pestisida,Masyarakat Dimbau Hati-Hati

LINGGAUMETROPOLIS.COM– Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) dan Dinas Ketahanan Pangan (Dispang) Kota Lubukinggau menghimbau agar masyarakat mewaspadai buah anggur yang saat ini ramai dijual dipinggir jalan protokol.

Tim gabungan Disdagrin dan Dispang , tadi Selasa (10/9/2019) sekitar pukul 11.00 WIB melakukan uji kandungan pada sample anggur yang dijual dipinggir jalan, hasilnya positit mengandung pestisida dan formalin.

Pemeriksaan menggunakan Tes Kit Formalin in Food dan G9 Fast Pesticides Detection Kit,dipastikan menemukan anggur yang dijual di tepi jalan ada kandungan formalin dan pestisida.

Dengan adanya temuan ini masyarakat diminta lebih cerdas dalam membeli buah, sebab kandungan Pestisida dan formalin dapat membahayakan kesehatan.

Kadisdagrin, Surya Darma melalui Kabid Pengendalian Barang Pokok dan Barang Penting, Arsandy Andang Cahaya, menegaskan pihaknya sengaja melakukan sidak dan pemeriksaan untuk melindungi konsumen.

Kendati tidak menyita anggur yang dijual,pihaknya menghimbau pedagang menarik anggur tersebut dipasar dan agar masyarakat berhati-hati untuk membeli produk

Sementara, Kasi Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kota Lubukinggau Yeni Arisanti membenarkan bahwa berdasarkan uji kandungan menggunakan alat tes kit memang ada kandungan formalin dan pestisida pada anggur yang dijual di tepi jalan Yos Sudarso.

Namun untuk hasil lebih lengkap, pihaknya akan mengirim sample anggut tersebut ke BPOM.

Reporter : Fradez Cikyansori

Comment

News Feed