BBM Subsidi Langka dan Tanki Kencing, Pertamina Digeruduk Pendemo

LINGGAUMETROPOLIS.COM-Semakin langkanya bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi solar dan premium beberapa bulan ini, membuat geram Aliansi Pemuda Mura, Linggau dan Muratara (MLM) dan menggeruduk Depo Pertamina atau MOR II TBBM Lubuklinggau bersama massa sopir angkot, angdes dan truk di Kelurahan Linggau Ilir Kecamatan Lubuklinggau Barat II, Rabu (30/10) sekira pukul 09.30 WIB.

Koordinator aksi, Andi Lala dan Faisal meminta pernyataan resmi dari Depo Pertamina Lubuklinggau, soal kelangkaan dimaksud. Apalagi, yang terbaru dan tersebar ada tangki BBM PT Lau Linggau ‘kencing’ menjual BBM dijalan.

“Ini hanya terjadi di MLM, daerah lain tidak ada kelangkaan BBM bersubsidi. Diduga dan terang benderang BBM ini dimanfaatkan perusahaan yang ada diwilayah MLM,” tegas mereka.

Kelangkaan solar dan premium wilayah MLM sudah meresahkan masyarakat, bagi kalangan industri rumah tangga, usaha mikro bahkan kebutuhan pertanian.

” Kelangkaan ini cukup lama dan tidak ada penjelasan resmi dari Pertamina, apakah benar kelangkaan atau permainan mafia Migas Pertamina sebab selain melakukan pengawasan karena kami duga ada unsur kesengajaan dan bukan rahasia umum terjadi di SPBU lebih mementingkan penjualan kepada kendaraan dengan tangki modifikasi untuk mengeruk habis BBM subsidi,” tegas mereka.

Karena, permufakatan jahat ini, diduga juga dilakukan perusahaan lain yang memanfaatkan BBM subsidi. Pihaknya mendesak pertamina memberi sanksi tegas kepada oknum penyalahgunaan pendistribusian BBM.

“Kami minta pihak kepolisian menindak dan pertamina segera menormalisasi kelangkaan BBM solar dan premium dengan pernyataan resmi,” tambahnya.

Aksi masih berlangsung dan belum ada pernyataan resmi dari Depo Pertamina Lubuklinggau.(mnr)

Alasan Jabatan Baru, Kepala Depo Hanya Tampung Aspirasi

Field Terminal Manager atau Kepala Depo Roby menyatakan, pihaknya akan menampung dan koordinasikan dengan pimpinan unit di Palembang seperti apa nanti kedepannya di Lubukkinggau.

“Kami sampaikan segera yang menjadi masalah dan tuntutan. Kami pejabat baru di Linggau, tapi kami berkomitmen menyelesaikan masalah yang terjadi selama ini dan aspirasi ini kami sampaikan,” paparnya.

“Soal aksi oknum yang ngencing BBM, kami identifikasi dulu apakah ini murni ulah oknum itu sendiri atau koorperasi. Terminal BBM di linggau ini pola pengiriman selalu update stok, dan selalu siap tersedia. Konsumen di SPBU dibatasi kuota oleh BBH Migas, kami bertugas hanya mengantarkan BBm dari Depo ke SPBU,” tambahnya.

Reporter : Fradez Cikyansori

Comment

Please disable your adblock for read our content.
Refresh