by

Jargas Bocor Dan Godak Resahkan Warga Sukakarya

MUSI RAWAS – Program jaringan gas kota merupakan program prioritas pemerintah yang salah satu tujuannya untuk menekan peningkatan biaya subsidi LPG 3 Kg.

Dikatakan, semakin luasnya jangkauan operasi jargas ini diharapkan mampu memberikan pilihan energi yang lebih bersih, aman, dan murah untuk masyarakat.

Namun apa yang terjadi dialami oleh salah satu warga bernama Tarsan (25) warga Desa Sukamulya Kecamatan Tuah Negeri mengalami luka bakar akibat Jaringan gas (jargas) rumah tangga milik PT Pertamina yang dikerjakan PT Torindo yang berada di Desa Yudha Karya Bakti Kecamatan Kecamatan Sukakarya Kabupaten Musi Rawas mengalami kebocoran dan terbakar pada hari Kamis, (01/08/2019).

Pipa milik PT. Pertamina yang dikerjakan PT. Torindo ini, meledak dan terjadi kebakaran, disaat Tarsan memasang unit tenda hajatan dihunian Sekdes yakni Dayat sekira pukul 16.00 WIB Kamis kemarin.

Akibat peristiwa itu Tarsan mengalami luka bakar di bagian wajah dan tangan sebelah kiri, sehingga harus dilarikan ke Puskesmas Sukakarya untuk dilakukan penanganan.

Hal ini yang membuat awak media langsung kelapangan pada Sabtu, (03/08/2019) yang mana kondisi dilapangan kami mendapatkan beberapa keluhan dari masyarakat setempat bahwasanya tidak bisa memasak karena jaringan pararel Gas tersebut dimatikanbsementara pasca terjadinya ledakan di pipa yang bocor kemarin.

Ujar Rizal warga Desa Yudha Karya Bhakti kepada awak media, “kami ngeri dan nyesal masang saluran gas pake ampere mun cak ini, selang induk yang ditanam dibawah tanah banyak yang bocor terus sambungan gas yang kerumah aku yang dari selang ke ampere skrupnyo godak, kami takut laju gek meledak dan kebakaran rumah kami, mano kami beberapo hari ini dak pacak masak, kareno jaringan gas dimatikan akibat kejadian kemarin pipa meledak ado korban yang tebakar”. Ujarnya

Beberapa warga yang ada tak jauh dari tempat kebakaran pun mengatakan banyak ampere di rumah warga yang bocor, diakui beberapa warga tersebut tidak berani untuk memakai gas tersebut sebab ampere yang menempel di dinding rumahnya kuncian bautnya kendor bisa di gerakkan dengan jari kekiri dan kenanan tanpa adanya kuncian (kendor) dan selangnya banyak bocor.

Setelah menelusuri di beberapa saluran (selang) terdapat banyak kejanggalan. Saat di mintai keterangan, Kepala Desa Yudha Karya Bhakti saat dihubungi melalui mefia Whatsapp 08********* dengan simpel kades tersebut menjawab untuk masalah ini silahkan konfirmasi langsung saja ke Pak camat “Saya No Coment”. Tandasnya

Lebih lanjut SETIAWAN (camat) mengatakan “pemasangan jaringan gas untuk Rumah tangga yg pertama kali di Musi Rawas merupakan program strategis nasional melalui Kementerian ESDM, setelah pemasangan infrastruktur jargas saat ini dimulainya masuk ke rumah-rumah warga”.

Memang ada beberapa titik yg sudah terdeteksi bocor dan ditangani oleh pihak Pertagas Niaga Pertamina selaku distributor Kejadian kemaren, bukan meledak tapi muncul api dg kadar gas rendah Iyo, ketika disiram langsung padam dan aliran gas ke arah sano langsung di stop singkatnya lewat pesan WA. *Vhio

Comment

News Feed