by

Linggau Ulu Segera Miliki IPAL Komunal Solusi Entaskan Masalah Sanitasi

LINGGAUMETROPOLIS.COM–Dalam rangka mengentaskan masalah sanitasi warga, kini Pemerintah Kota Lubuklinggau tengah membangun IPAL atau Instalasi Pengolahan Air Limbah di Kelurahan Lubuklinggau Ulu.

IPAL Komunal merupakan sarana untuk mengolah limbah cair seperti limbah dari WC, dari air cuci/kamar mandi. Yang akrab bagi  masyarakat adalah IPAL untuk limbah WC lebih dikenal dengan sebutan septik tank.

Untuk diketahui, Komponen IPAL Komunal terdiri dari unit pengolah limbah, jaringan perpipaan (bak kontrol & lubang perawatan) dan sambungan rumah tangga.  Unit pengolah limbah ada yang terletak jauh dari lokasi warga pengguna IPAL Komunal ada juga yang berlokasi di lokasi pemukiman warga

Lurah Lubuklinggau Ulu, Serliza Maharani menyambut baik adanya pembangunan MCK kombinasi IPAL Komunal diwilahnya,karena akan sangat bermanfaat bagi keperluan warga dan untuk kesehatan.

” Itu pembangunan MCK Kombinasi Ipal Komunal, plangnya ada tapi kemarin kita pindahi ke belakang karena ada alat mau masuk. Kemarin juga sempet ada beberapa pemuda menanyakan hal tersebut dan kami jawab dengan sesuai apa yang terjadi di lapangan,”jelas Serli sapaan akrabnya.

Dikatakan Serli, Pembangunan ini di Laksanakan oleh KSM Warna Warni, dengan kontrak no 05/SPKS/DISPERKIM-PSU/2019 dan biaya DAK 2019 Rp. 645.294.525.

“Dengan adanya pembangunan ini insyallah akan sangat membantu masyarakat khususnya untuk sanitasi, dan lingkungan akan menjadi lebih sehat,”pungkasnya. (*)

Reporter : Fradez Cikyansori

 

Comment

News Feed