by

Peserta Orientasi PWI Dapat Suntikan Ilmu KEJ

LINGGAUMETROPOLIS.COM– Sedikitnya 30 wartawan dari berbagai media massa mengikuti orientasi Orientasi Calon anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang diselenggarakan PWI Kota Lubuklinggau, di Hotel Cozy, Rabu (2/10/2019).

Pembukaan orientasi yang dimulai pukul 15.00 WIB dibuka oleh Ketua PWI Provinsi Sumsel,H Firdaus Komar diwakili Wakil Ketua Bidang organisasi,H Anwar SY Rasuan didampingi Sekretaris, Dwitri Kartini dan Dewan Pembina PWI Sumsel, Solihin serta Ketua PWI Lubuklinggau, Endang Kusmadi.

Dalam orientasi ini para peserta mendapat suntikan ilmu Kode Etik Jurnalistik (KEJ),agar kedepan dapat menjadi wartawan yang menjalankan kode etik dalam menjalani profesi.

Ketua panitia orientasi, Muhamad Minor dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini merupakan orientasi angkatan I untuk periode pengurus yang baru akan dilantik 3 oktober 2019 di Ballroom Smart Hotel.

Orientasi ini diikuti peserta 30 orang dari harian cetak, online dan tv. Orientasi merupakan ujian masuk calon anggota PWI untuk menjadi pengurus PWI Kota Lubuklinggau periode 2019-2022.

Dijelaskannya, kegiatan ini merupakan ajang PWI untuk merekrut anggota-anggota baru juga memperbarui anggota lama yang kartu keanggotaannya sudah hilang atau tidak aktif lagi.

Pemred Mureks.id ini berharap seluruh anggota PWI bisa memahami peran, hak dan tanggungjawabnya saat menjalankan tugas sebagai wartawan di mana pun bertugas, termasuk menjunjung tinggi nilai organisasi ini. utamanya, supaya wartawan bisa lebih berkompeten dan bersaing dalam bidang jurnalistik yang profesional dan bermartabat.

Sedangkan, Anwar Raswan dalam sambutannya menekankan agar para wartawan banyak belajar, dan jangan merasa hebat serta cepat puas dalam bekerja.

“Senioritas kewartawanan itu bukan diukur dari usia melainkan dari karya nya,” ujar pria yang sudah sejak 1974 menjadi wartawan ini.

Dia juga meminta agar profesi wartawan tidak dijadikan tempat pelarian dan batu lonjatan karena tidak ada pkerjaan.Namun harus dijalani dengan hati dan profesionalitas tinggi.

Sementara itu, Ketua PWI Sumsel, H Firdaua Komar dalam penyampaian materi menyampaikan bahwa ada 11 pasal Kode Etik Jurnalistik yang harus ditaati wartawan.

Reporter : Fradez Cikyansori

Comment

News Feed